Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tools Digital Marketing Terbaik 2020

Tools Digital Marketing Terbaik 2020 - Internet penuh dengan tools digital marketing gratis untuk wirausahawan, seperti Anda, mencoba untuk membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya, tanpa mencapai garis bawah mereka. Dengan begitu banyak tools yang kuat dan gratis hanya dengan sekali klik.

Sebagian besar tools gratis, walaupun kuat, meminta banyak informasi di awal. Dengan tambang emas perangkat lunak bermanfaat yang tersedia, ini merupakan jebakan yang mudah untuk dijebak. Sementara beberapa tools hanya memerlukan informasi Anda untuk keamanan, memasukkan informasi pribadi adalah undangan untuk menerima spam tanpa henti atau konten penjualan yang terlalu agresif.

Tools Digital Marketing Terbaik 2020


Tools-tools ini dapat membantu Anda mendapatkan keuntungan terbesar dan memastikan waktu berharga Anda diinvestasikan dengan bijak. Dengan mengotomatiskan tugas yang berulang, mengumpulkan data untuk Anda analisis dan optimalkan kampanye Anda, dan membantu Anda untuk mengatur dan merencanakan kegiatan pemasaran Anda, mereka akan segera terbukti sangat berharga bagi keberhasilan bisnis Anda.

1. Google Analytics

Google Analytics adalah perangkat lunak yang sepenuhnya gratis yang memberikan wawasan berharga tentang siapa yang mengunjungi situs web Anda dan apa yang mereka dapatkan setelah mereka tiba. Baca : Tips untuk Menumbuhkan Bisnis yang Sukses.

Paling baik dipasangkan dengan Google Search Console - toolsgratis lain yang membantu Anda mengidentifikasi masalah di situs Anda dan mengoptimalkannya untuk lalu lintas.

Beberapa titik data yang disediakan Google Analytics untuk Anda sertakan:

  • Jumlah pengunjung ke situs Anda menurut hari, minggu, bulan, atau periode waktu yang Anda pilih
  • Dari mana pengunjung ini berasal - rujukan dari situs web lain, pencarian organik, iklan, sosial, atau langsung
  • Kata kunci yang digunakan orang di Google untuk menemukan situs Anda
  • Demografi dan minat pengguna Anda
  • Berapa lama setiap pengguna menghabiskan di situs Anda dan halaman mana yang mereka kunjungi
  • Semua informasi ini sangat menarik, tetapi juga merupakan pengetahuan penting yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan situs web dan kampanye pemasaran Anda.

Perhatikan Anda mendapatkan banyak pencarian untuk kata kunci yang saat ini tidak memiliki banyak informasi? Tulis posting blog yang dioptimalkan untuk kata kunci itu dan saksikan roket tingkat kunjungan dan keterlibatan Anda. Mendapat banyak pengunjung dari Facebook tetapi tidak ada dari Twitter? Mungkin ini pertanda Anda harus memusatkan upaya pemasaran pada saluran utama Anda.

2. MailChimp

Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis Anda, pemasaran email pasti harus menjadi bagian dari strategi keseluruhan Anda. Baca: Alat SEO Terbaik Update.

Ketika seorang pelanggan mendaftar ke milis Anda, mereka pada dasarnya mengundang Anda langsung ke kotak masuk mereka sehingga Anda dapat memasarkan langsung kepada mereka, dan inilah sebabnya pemasaran email rata-rata menawarkan ROI yang lebih tinggi daripada kegiatan pemasaran lainnya.

Untuk memulai pemasaran email, Anda memerlukan layanan yang memungkinkan Anda menangkap email, mengelola daftar, mengirim email secara otomatis atau sesuai jadwal, dan menganalisis keterlibatan.

Ada banyak perangkat lunak yang tersedia yang menawarkan layanan ini, tetapi Mailchimp adalah pilihan ideal jika Anda baru memulai atau jika Anda menjalankan bisnis kecil. Ini karena solusinya tetap gratis hingga daftar Anda mencapai 2.000 pelanggan, dan ia menawarkan fungsi utama yang Anda butuhkan tanpa membuat pengelolaan pemasaran email Anda terlalu rumit.

3. Hootsuite

Anda tahu bahwa akhir-akhir ini penting untuk mempertahankan kehadiran di media sosial jika Anda ingin tetap kompetitif di pasar. Anda juga mungkin sudah tahu bahwa media sosial bisa menjadi waktu yang sangat lama, bahkan jika Anda menggunakannya murni untuk tujuan pemasaran daripada hanya untuk bersosialisasi.

Untungnya ada alat yang tersedia untuk mengurangi ketidakefisienan saat ini, dan Hootsuite adalah salah satunya.

Hootsuite menyediakan platform manajemen pusat untuk semua saluran media sosial Anda dan memungkinkan Anda untuk menjadwalkan posting sebelumnya sehingga Anda bisa mendapatkan semua konten media sosial Anda untuk minggu atau bulan mendatang siap dalam satu sesi.

Ini juga menyediakan alat pelaporan lanjutan, sehingga Anda dapat melihat kampanye media sosial mana yang bekerja paling efektif, dan menggunakan data ini untuk menghitung ROI. Selain itu, Anda akan dapat melacak penyebutan merek Anda dan mengelola respons, semuanya di satu tempat.

4. Buzzsumo

Strategi konten Anda seharusnya tidak terdiri dari tusukan liar dalam kegelapan saat Anda menulis tentang topik yang Anda pikir akan melibatkan audiens Anda. Agar berhasil dalam pemasaran konten, Anda perlu melakukan riset dengan benar, dan di sinilah Buzzsumo masuk.

Buzzsumo menampilkan konten yang sedang tren di media sosial berdasarkan topik yang dicari. Setelah pencarian Anda, Anda dapat menganalisis hasil yang dikembalikan untuk melihat apa yang begitu menarik tentang mereka dan untuk mendapatkan ide subjek untuk ditulis.

Anda juga dapat mencari domain Anda sendiri untuk melihat bagian mana dari konten Anda yang berkinerja terbaik, dan melihat siapa yang menautkan dan membagikannya.

5. KWFinder

SEO adalah salah satu dasar pemasaran online dan penting untuk mendapatkan yang benar. Anda tidak hanya harus memastikan situs Anda terstruktur dengan baik dan dioptimalkan untuk seluler, tetapi juga penting bahwa konten yang Anda hasilkan mengandung kata kunci yang dicari audiens Anda, dan bahwa Anda memiliki peluang bagus untuk peringkat.

Tidak selalu jelas apa kata kunci ini dan inilah mengapa Anda memerlukan tools penelitian kata kunci. Ada banyak opsi yang tersedia dari Perencana Kata Kunci Google gratis hingga rangkaian tools digital marketing yang lebih kompleks seperti SECockpit.

Tools yang lebih canggih ini bisa sangat mahal, dengan biaya berlangganan bulanan mulai dari $ 100 atau lebih, tetapi tentu saja tidak penting untuk usaha kecil.

Alih-alih, tools penelitian kata kunci seperti KWFinder menawarkan lebih banyak fungsi daripada tool gratis dalam format yang mudah digunakan, dengan biaya bulanan yang terjangkau. Masukkan kata kunci seed dan alat akan kembali dengan ratusan saran, mencari volume data, tren, dan skor kesulitan peringkat untuk setiap kata atau frasa.

6. HubSpot

Jika Anda menjalankan banyak kampanye di berbagai saluran pemasaran yang berbeda, tidak hanya sulit untuk mengelola semuanya, tetapi juga untuk mengetahui dengan tepat apa yang berfungsi dan di mana Anda perlu melakukan perbaikan.

HubSpot adalah solusi perangkat lunak pemasaran lengkap yang memungkinkan Anda menyatukan semua saluran pemasaran yang berbeda, dan mengoptimalkan lebih banyak lalu lintas, tingkat konversi yang lebih tinggi, dan ROI yang lebih baik.

Tools ini mencakup template yang dioptimalkan yang ideal untuk membuat halaman arahan, dan fitur-fitur seperti live chat dan acara aksi pengguna yang meningkatkan keterlibatan Anda dan mengubah lebih banyak pengunjung menjadi pelanggan.

Fitur lain dari HubSpot meliputi:

  • Tools pengoptimalan konten
  • Halaman arahan yang dioptimalkan
  • Template email
  • Otomatisasi pemasaran
  • Manajemen pemimpin
  • Analisis
  • Manajemen media sosial
  • Versi lengkap dari HubSpot memiliki label harga yang lumayan tetapi usaha kecil dengan anggaran lebih rendah dapat memulai dengan paket gratis atau dasar mereka.

7. Canva

Membuat konten yang relevan dan berkualitas tinggi tidak selalu cukup untuk menarik perhatian pembaca Anda. Untuk melakukannya, Anda perlu meningkatkannya dengan visual. Misalnya, Anda dapat menggunakan foto berkualitas untuk membuat pembaca Anda tetap tertarik, memunculkan grafik kutipan yang memotivasi, memvisualisasikan data kompleks dengan grafik warna-warni, dan membuat infografis yang sangat menarik.

Sekarang, bagaimana jika saya katakan bahwa ada alat luar biasa yang akan membantu Anda membuat konten orisinal, menarik secara visual hanya dalam beberapa menit? Tentu saja, saya berbicara tentang Canva!

Opsi yang ditawarkan alat ini kepada Anda banyak - Anda dapat menggunakan foto yang sudah ditampilkan di situs, mengunggah dan memoles gambar Anda sendiri, atau bahkan membuat yang baru. Yang paling penting, untuk menggunakan alat ini, Anda tidak perlu memiliki pengalaman desain grafis. Dengan fitur drag and drop yang mudah digunakan, Canva mempersenjatai Anda dengan berbagai pilihan pengeditan foto, palet warna, kombinasi font, dan ukuran gambar khusus yang cocok untuk semua jaringan sosial pada dasarnya.

8. Ahrefs

Sementara SEO sekolah lama adalah tentang kuantitas backlink, praktik SEO modern difokuskan pada membangun backlink yang relevan dan organik. Berdasarkan jumlah tautan berkualitas yang mengarah ke konten Anda, mesin pencari akan tahu seberapa otoritatif dan dapat dipercaya situs web Anda. Justru karena ini, analisis backlink off-halaman adalah tulang punggung dari strategi pemasaran digital Anda.

Sekarang, meskipun ada banyak alat luar biasa yang mungkin ingin Anda coba tahun ini, bagi banyak pemasar digital, Ahrefs adalah satu-satunya. Dengan itu, Anda dapat melakukan analisis kompetitif dan melihat kata kunci yang diperingkat oleh pesaing Anda dalam hasil pencarian organik, menemukan ide kata kunci terbaik, mengakses data backlink Anda secara instan, menemukan konten yang relevan dengan niche Anda, melacak peringkat desktop dan kata kunci seluler Anda , dan dapatkan lansiran setiap kali salah satu pesaing Anda mendapat atau kehilangan backlink.

Kesimpulan

Menurut Dewan CMO , "60% dari waktu pemasar dikhususkan untuk kegiatan pemasaran digital."

Menjadi bagian dari grup ini berarti memiliki strategi pemasaran digital yang baik - yang menggabungkan pemasaran media sosial, optimisasi mesin pencari, pemasaran email dan konten yang konsisten dan bernilai yang benar-benar berbicara kepada audiens Anda.

Untuk memastikan bahwa rencana pemasaran online Anda berhasil, itu juga berarti menggunakan alat yang tepat pada waktu yang tepat. Ini harapan saya bahwa daftar ini akan membantu Anda dalam upaya pemasaran digital Anda - dan membawa Anda kesuksesan yang Anda cari.


Hadi Prayitno
Hadi Prayitno Saya Hadi Prayitno adalah blogger Indonesia yang sudah ngeblog sejak Tahun 2015. Saat ini saya masih aktif mengelola blog BERSERIAU.

Posting Komentar untuk "Tools Digital Marketing Terbaik 2020"