Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panduan Lengkap : Cara Mengoptimalkan Konten untuk SEO dan Tautan


PANDUAN LENGKAP UNTUK OPTIMALISASI KONTEN

Panduan lengkap tentang cara mengoptimalkan konten untuk SEO dan Tautan - Pemasaran konten telah memperkuat statusnya sebagai kekuatan besar dalam ranah pemasaran digital. Dalam menumbuhkan audiens dan basis pelanggan merek, tentu terbukti betapa hebatnya praktik itu, terutama ketika diintegrasikan dengan disiplin data lainnya (seperti SEO).
Panduan Lengkap : Cara Mengoptimalkan Konten untuk SEO dan Tautan

APA ITU PENGOPTIMALAN KONTEN?

Pengoptimalan Konten (OPTIMASI) adalah proses di mana halaman web dan kontennya dioptimalkan untuk menjadi lebih menarik, bermanfaat, dan dapat ditindaklanjuti oleh pengguna. Proses biasanya mencakup perbaikan dan peningkatan kinerja teknis (mis: kecepatan halaman) dan salinan konten untuk melakukan dan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

EVOLUSI KONTEN WEB: KONTEN 10X

Persaingan untuk mendapatkan perhatian telah dibawa ke tingkat baru yang lebih tinggi. Dengan fakta bahwa sejumlah besar penerbit dari berbagai vertikal telah membeli konsep mendorong jauh lebih banyak "konten hebat" dalam tingkat yang terus berkembang ( 2 juta posting blog diterbitkan setiap hari ).

Apa itu Konten 10x?
"Konten yang 10 kali lebih baik daripada hasil terbaik yang saat ini dapat ditemukan dalam hasil pencarian untuk frasa atau topik kata kunci tertentu".

Konten hebat tidak sebagus jika tidak dioptimalkan dengan baik. Dan mengoptimalkan konten agar jauh lebih kompetitif untuk Pencarian telah berkembang pesat selama bertahun-tahun. Terkait : Panduan Utama untuk Web Hosting, Nama Domain & Situs Web.

Optimalisasi konten pada dasarnya adalah proses meningkatkan estetika dan kinerja aset atau halaman situs yang memberikan nilai unik kepada pengguna yang dituju melalui SEO on-halaman, optimasi konversi, pengalaman pengguna, desain, pengeditan konten, dan banyak lagi.
Panduan Lengkap : Cara Mengoptimalkan Konten untuk SEO dan Tautan

PENGOPTIMALAN KONTEN KEMBALI SEBAGAI JALUR MENUJU SUKSES SEO

Dalam pengalaman saya sebagai SEO, saya pikir ada 2 pendekatan strategis utama untuk mencapai kesuksesan dalam Search Engine Optimization. Terkait : Cara Menulis Meta Deskripsi Konversi Tinggi untuk Meningkatkan Peringkat.

Jalur pertama memfokuskan kampanye di sisi teknis optimasi pencarian. Situs e-niaga yang memiliki ribuan halaman biasanya tumbuh subur dalam pendekatan semacam ini.

Sedangkan jalur kedua menuju kesuksesan SEO adalah tanpa henti memfokuskan sumber daya pada kampanye akuisisi tautan kreatif - di mana, jujur, agensi kami berkembang pesat selama 3 tahun terakhir.

Jalur terakhir, yang secara pribadi saya sukai hari ini, berfokus pada memanfaatkan semaksimal mungkin apa yang sudah dimiliki situs - melalui Pengoptimalan Ulang Konten yang sistematis.

MULAI DARI MANA?

Proses ini berfokus pada audit dan peningkatan level halaman, yang membuatnya berbeda dengan apa yang terlihat seperti audit SEO on-site teknis umum (yang sebagian besar berfokus pada perubahan seluruh situs saat onset).

Anda harus paham mengenai konsep dasar cara optimasi SEO on page di website supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu dimulai dengan menetapkan dan menghubungkan banyak sasaran untuk setiap halaman yang akan Anda optimalkan, seperti:
  1. Membuat peringkat halaman tunggal untuk beberapa istilah pencarian.
  2. Memiliki Peringkat # 0 dalam Pencarian Semantik.
  3. Meningkatkan kemungkinan halaman untuk mendapatkan tautan untuk permintaan informasi.
Berikut adalah langkah-langkah yang perlu, setelah Anda tahu apa yang ingin Anda capai untuk kampanye Anda.

LANGKAH 1: MULAILAH DENGAN 20 HALAMAN TERATAS SITUS ANDA.

Dapatkan data dari Google Analytics dan Google Search Console untuk menentukan halaman berkinerja tinggi situs Anda.

Catatan: Prioritaskan yang sudah membantu situs menghasilkan prospek / konversi - dan yang paling penting, halaman yang menargetkan kata kunci dengan volume pencarian bulanan hingga tinggi.

LANGKAH 2: ANALISIS APA YANG DILAKUKAN PESAING ANDA DENGAN BENAR UNTUK SETIAP PERMINTAAN / HALAMAN

Mulailah dengan orang-orang yang Anda percaya diri Anda dapat dengan mudah bersaing.

LANGKAH 3: PERBARUI & OPTIMALKAN ULANG KONTEN UNTUK BERSAING

Kampanye peluncuran konten yang terencana dengan baik dapat secara besar-besaran memengaruhi lalu lintas organik situs Anda

LANGKAH 4: SETELAH MENGERJAKAN 20 HALAMAN TERATAS ANDA, TURUNKAN DAFTAR DAN OPTIMALKAN KEMBALI ASET LAIN YANG ADA DI SITUS ANDA.

Tujuannya adalah memiliki lebih banyak halaman yang mampu menarik ribuan pengunjung yang sangat berkualifikasi ke situs Anda. Itulah cara Anda dapat membangun benteng dari situs web Anda.
Panduan Lengkap : Cara Mengoptimalkan Konten untuk SEO dan Tautan
Di bawah ini adalah 17 kiat pengoptimalan konten yang merupakan bagian besar dari strategi SEO kami sendiri untuk kampanye pemasaran tingkat perusahaan.

1. JUDUL HALAMAN YANG AKURAT & SANGAT DESKRIPTIF

Judul tag masih tetap sebagai salah satu faktor peringkat paling penting dalam algoritma peringkat Google.
  • Optimalkan judul halaman Anda untuk rasio klik-tayang (RKT)
  • Gunakan kata kunci utama Anda dalam judul - sebaiknya ditempatkan lebih dekat di awal tag judul.
  • Sejajarkan konten (salinan tubuh) dengan judul yang sesuai dengan maksud pengguna.
  • Bandingkan judul dengan pesaing Anda.

2. KATA KUNCI LSI & SEKUNDER

Tempatkan varian kata kunci lainnya secara strategis dan istilah yang terkait secara semantik di dalam judul, deskripsi, subjudul, tag alt & konten gambar.

Catatan: Sangat penting untuk menggunakan kata benda dan entitas yang lebih relevan dalam tulisan Anda. (Baca lebih lanjut tentang Optimasi Entitas Pencarian ). Ini juga harus menjadi bagian dari riset kata kunci Anda untuk strategi konten.


3. KETERBACAAN

Orang tidak membaca di web. Mereka memindai. Rentang perhatian rata - rata manusia semakin lama semakin singkat sejak revolusi mobile. Yang terbaik adalah mengoptimalkan konten Anda untuk set pengguna yang berbeda - mereka yang ingin belajar dan mereka yang ingin mendapatkan jawaban dengan cepat.
  • Optimalkan konten untuk skimreader
  • Gunakan kalimat yang lebih pendek dan pecahkan paragraf panjang.
  • Jadikan bagian yang lebih menarik dari konten terlihat menonjol (melalui penggunaan tag h1, subpos, huruf tebal, dan spasi putih) yang sesuai.

4. KELEBIHAN PENGIRIMAN DENGAN KAIT YANG TIDAK TERDUGA

Berikan nilai unik dalam konten Anda dengan memasukkan ide atau elemen konten lain yang jarang ditemukan pembaca Anda di tempat lain. Inilah yang akan membuat konten Anda lebih mudah ditautkan.

5. DIDIK ATAU BERGUNA

Menyediakan konten freemium adalah salah satu cara terbaik untuk menjadikan aset konten Anda sebagai mesin pembuat tautan.

Jelajahi dan pelajari dari industri lain. Misalnya, vertikal lainnya tidak berinvestasi banyak dalam pembuatan konten interaktif. Menjadi lebih kompetitif dengan mengambil aset Anda selangkah lebih maju dari pesaing Anda.

Prinsip yang sama juga dapat diterapkan ke halaman produk - jika Anda menjalankan situs e-commerce, sertakan elemen-elemen berikut:
  • Panduan Pembeli Cepat
  • “Tahukah Anda” atau bagian fakta menyenangkan tentang produk Anda
  • Manfaat
  • Bagaimana produk bekerja (visual)
  • Kemudian jadikan informasi terperinci opsional dan / atau dapat dipindai
Terakhir, sangat penting untuk mempelajari cara mendesain konten untuk para eduktor. 

6. KEDALAMAN KONTEN

Wikipedia telah berhasil sebagai situs web, bukan hanya karena lamanya konten mereka, tetapi juga karena kedalaman informasi yang mereka berikan untuk setiap konten mereka.

Inilah yang membuat ribuan halaman mereka begitu kuat (dapat dicari, dibagikan & ditautkan). Fokus pada kedalaman topik, bukan hanya panjang.

Gunakan cap waktu "terakhir diperbarui" saat mengoptimalkan / meningkatkan kedalaman konten Anda. Kemutakhiran konten berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan SERP CTR, dan akhirnya peringkat mesin pencari.

7. TL; DR

Tempatkan ringkasan, kesimpulan, takeaways utama atau versi TL; DR dari konten Anda di mana pengunjung dapat langsung melihatnya - di atas flip.

Memberikan jawaban cepat dan langsung kepada pengguna (yang sebagian besar waktu lebih suka melihat jawaban secepat mungkin) juga secara eksponensial dapat meningkatkan kepuasan pengunjung .

Ini pada gilirannya dapat membantu halaman Anda bersaing dan memberi peringkat untuk hasil Kotak Jawaban Google.

8. GOOGLE ANSWER BOX / CUPLIKAN UNGGULAN

15% kueri menampilkan cuplikan fitur secara global . Ada 3 jenis hasil Kotak Jawaban Google: Paragraf (63% dari semua cuplikan yang ditampilkan ditampilkan pada hasil pencarian Google), Daftar (19%) dan Tabel (16% - menurut data yang dikumpulkan oleh STAT ).

Saat ini, saya memiliki proses yang sangat primitif dalam mengoptimalkan halaman untuk cuplikan kaya ini.

Saya menggunakan Google Search Console untuk mengidentifikasi secara manual kueri yang menampilkan Google Answer Boxes (berdasarkan 20 halaman arahan teratas yang saya pilih untuk bekerja pada pengoptimalan ulang).

Setelah saya menentukan halaman / kueri mana yang telah menampilkan hasil snippet yang kaya, saya kemudian dapat merestrukturisasi bagian-bagian kunci dari konten agar sesuai dengan jenis hasil Kotak Jawaban yang ditampilkan untuk setiap kueri target:
  • Berikan jawaban yang logis dan paling akurat untuk pertanyaan ini dan jenis Kotak Jawaban.
  • Berikan definisi terbaik untuk pertanyaan "apa adanya" - untuk mencuri cuplikan paragraf yang lemah.
  • Buat tabel yang digerakkan oleh data untuk mencuri cuplikan kaya "daftar" yang lemah (bukan daftar "bagaimana").
  • Dapatkan lebih banyak konten / gagasan kata kunci untuk dikerjakan dari “Orang-orang juga bertanya”

9. SKEMA / MARKUP DATA TERSTRUKTUR

Data Terstruktur memudahkan mesin pencari untuk lebih memahami tentang konten Anda. Ini semakin menjadi lebih penting dalam optimasi pencarian hari ini (seperti yang disebutkan oleh Mike King, ini adalah masa depan pencarian organik ).

Menjadi lebih mudah untuk menerapkan markup tambahan ini. Google telah membuatnya menjadi sangat mudah bagi webmaster dengan menawarkan alat gratis untuk menerapkan markup data terstruktur: Pembantu Penanda Data Terstruktur dan Alat Pengujian Cuplikan Kaya .

10. KONTEN VISUAL / MEDIA KAYA

Optimalkan aset konten Anda untuk keterlibatan yang lebih baik dengan visual bermerek dan konten media kaya, seperti:
  • Gambar berkualitas tinggi
  • Visualisasi infografis / data
  • Video
  • Konten interaktif (halaman arahan HTML5)
  • Meme
Karena elemen konten ini dapat meningkatkan konversi juga - terutama pada halaman transaksional (mis: bagan ukuran produk).

11. TAUTAN KELUAR & BERKOLABORASI

Membangun kepercayaan kepada pengguna dan menelusuri perayap dengan mengutip / menautkan ke situs web dan entitas otoritatif lainnya. Kutip sumber yang kredibel dalam tulisan Anda sendiri, terutama mereka yang kemungkinan besar akan membantu memperkuat promosi konten Anda.

Anda dapat membuat aset konten Anda lebih kuat dengan berkolaborasi dan mencari bantuan dari orang lain (co-creation & co-marketing).

12. TAUTAN INTERNAL

Berikan lebih banyak ekuitas tautan dan tingkatkan kemampuan merayapi aset konten utama Anda dengan menautkan secara kontekstual halaman situs Anda yang lebih dalam.

Manfaatkan tautan internal Anda dengan menggunakan teks jangkar yang sangat deskriptif (atau bahkan kecocokan sebagian). Ini akan membantu peringkat aset konten penting Anda lebih baik untuk kata kunci yang mereka targetkan.

13. AKSESIBILITAS

Kirimkan lebih banyak nilai peringkat ke halaman utama Anda dengan mengurangi # klik dari beranda. Termasuk halaman-halaman ini ke tautan navigasi Anda (atau semua jenis tautan unggulan yang terlihat oleh pengunjung situs pertama kali) adalah contoh yang bagus.

14. DWELL TIME & CONVERSIONS

Apa itu Dwell Time?

Dwell time , dalam arti tertentu, adalah gabungan antara rasio pentalan dan metrik waktu di lokasi - mengukur waktu yang diperlukan seseorang untuk kembali ke SERP setelah mengklik hasil (dan dapat diukur langsung dari mesin pencari) memiliki data).

Semakin lama waktu tinggal (atau lamanya waktu pengunjung yang didorong pencarian tetap berada di dalam situs web), semakin baik hal itu dapat memengaruhi peringkat pencarian. Ini menyiratkan bahwa pencari telah puas dengan hasil yang diklik dari daftar yang ditampilkan oleh Google untuk permintaan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan aset konten Anda untuk waktu tayang yang lebih baik (dan konversi).
  • Berikan Calls-to-action (CTA) yang jelas
1. Pastikan CTA relevan dengan aset konten Anda
2. Ditempatkan secara jelas di dalam halaman (di bagian bawah, sidebar, header, atau pop-up).
3. Terus uji dan tingkatkan CTA Anda
  • Membangun dan membangun otoritas dengan sinyal kepercayaan & bukti sosial
  • Tautan internal ke halaman terkait untuk meningkatkan waktu tayang di situs
Aset konten Anda harus berfungsi sebagai lapisan konten yang dapat menyalurkan pengunjung lebih dalam ke halaman transaksi (layanan atau produk) Anda.
  • Dorong berbagi media sosial.

15. KECEPATAN HALAMAN

Google jelas telah menempatkan sejumlah besar bobot dalam kecepatan sebagai sinyal peringkat. Mereka terus terobsesi tentang bagaimana mereka ingin semuanya menjadi cepat di era web modern ini (terutama untuk pengguna ponsel). 

Terkait : Platform Blogging Terbaik Untuk Manajemen Blog.

Kiat cepat untuk mempercepat situs web Anda (via VentureHarbour ):
  • Gunakan Jaringan Pengiriman Konten (CDN)
  • Gunakan perusahaan hosting yang sangat cepat
  • Instal plugin caching (WP Total Cache)
  • Tambahkan header Kedaluwarsa untuk meningkatkan cache browser
  • Kompres gambar Anda (gunakan WP SmushIt untuk WordPress)
  • Bersihkan database Anda
  • Kompres situs Anda dengan Gzip
  • Perbaiki semua tautan yang rusak
  • Kurangi pengalihan Anda
  • Minimalkan file CSS dan JS
  • Ganti PHP dengan HTML statis jika memungkinkan
  • Tautkan ke stylesheet Anda, jangan gunakan @import
  • Matikan ping back dan trackback di WordPress
  • Aktifkan Keep-Alive
  • Tentukan dimensi gambar
  • Tentukan karakter yang diatur dalam tajuk HTTP
  • Letakkan CSS di bagian atas dan JS di bagian bawah
  • Nonaktifkan Hotlinking gambar
  • Ganti semua plugin yang tidak Anda gunakan
  • Minimalkan waktu perjalanan pulang pergi (RTT)
  • Gunakan CSS Sprite
  • Gunakan arahan rel = ”prerender”

16. BANGUN TAUTAN!

Tautan masih sangat vital untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik hari ini (dan tentunya salah satu dari 3 faktor peringkat inti teratas).
Seharusnya jauh lebih mudah untuk mendapatkan dan mendapatkan tautan ke aset konten Anda jika mereka sudah 10x lebih baik daripada yang ditawarkan pesaing Anda. Jangkau orang / penerbit yang telah menunjukkan minat pada topik yang dicakup oleh konten Anda - terutama mereka yang telah menautkan / berbagi konten serupa di masa lalu.

17. OPTIMASI SELULER

Google baru-baru ini mulai bereksperimen dengan "pengindeksan seluler-pertama". Di mana Google terutama akan melihat halaman versi seluler untuk sinyal peringkatnya dan kembali ke versi desktop ketika tidak ada versi seluler.

Dengan perubahan besar yang akan datang pada bagaimana Google akan memperlakukan halaman untuk evaluasi peringkat, mempertimbangkan untuk memiliki versi seluler untuk aset konten utama situs Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas pencarian mereka.

Tetapi tidak perlu khawatir jika situs Anda tidak memiliki versi seluler, seperti Google:

"Jika Anda hanya memiliki situs desktop, kami akan terus mengindeks situs desktop Anda dengan baik, bahkan jika kami menggunakan agen pengguna seluler untuk melihat situs Anda."

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari Google tentang apa yang bisa disiapkan oleh webmaster:
  • Jika Anda memiliki situs responsif atau situs penyajian dinamis tempat konten utama dan markupnya setara di seluruh perangkat seluler dan desktop, Anda tidak perlu mengubah apa pun.
  • Jika Anda memiliki konfigurasi situs di mana konten utama dan markup berbeda di seluler dan desktop, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat beberapa perubahan pada situs Anda.
  • Pastikan untuk menyajikan markup terstruktur untuk versi desktop dan seluler. Situs dapat memverifikasi kesetaraan markup terstruktur mereka di desktop dan seluler dengan mengetik URL kedua versi ke Alat Pengujian Data Terstruktur dan membandingkan hasilnya.
  • Saat menambahkan data terstruktur ke situs seluler, hindari menambahkan markup dalam jumlah besar yang tidak relevan dengan konten informasi spesifik dari setiap dokumen.
  • Gunakan alat pengujian robots.txt untuk memverifikasi bahwa versi seluler Anda dapat diakses oleh Googlebot.
  • Situs tidak harus membuat perubahan pada tautan kanonik mereka; kami akan terus menggunakan tautan ini sebagai panduan untuk menyajikan hasil yang sesuai bagi pengguna yang mencari di desktop atau seluler.
  • Jika Anda adalah pemilik situs yang hanya memverifikasi situs desktop Anda di Search Console, silakan tambahkan dan verifikasi versi seluler Anda.
Ini berarti sepenuhnya mengoptimalkan beberapa halaman penting Anda untuk pengguna seluler (mengoptimalkan untuk pencarian lokal, kecepatan & data terstruktur).
Panduan Lengkap : Cara Mengoptimalkan Konten untuk SEO dan Tautan

Pikiran terakhir.

Saya masih berpikir bahwa ada sedikit kebenaran dalam mengatakan "jika Anda membangunnya, mereka akan datang" . Sukses akan selalu mengikuti Anda ketika Anda secara konsisten hebat dalam sesuatu. Mengoptimalkan ulang konten Anda harus menjadi awal yang baik.

Hadi Prayitno
Hadi Prayitno Saya Hadi Prayitno adalah blogger Indonesia yang sudah ngeblog sejak Tahun 2015. Saat ini saya masih aktif mengelola blog BERSERIAU.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap : Cara Mengoptimalkan Konten untuk SEO dan Tautan"