Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots

3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots - Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin menyadari betapa pentingnya layanan pelanggan. Namun, bisa sulit untuk mengikuti permintaan pelanggan yang terus tumbuh - terutama ketika Anda memiliki sejuta hal yang harus dilakukan setiap hari.

Untungnya, ada cara untuk mengotomatisasi bagian dari proses. Misalnya, semakin banyak bisnis sekarang memilih untuk menambahkan chatbots ke situs mereka. Asisten virtual ini dirancang untuk membuat pelanggan Anda senang, dan menerapkan satu dapat membantu Anda memberikan layanan bintang dengan sedikit usaha yang diperlukan.

Dalam posting ini, kita akan membahas beberapa cara chatbots dapat membantu perusahaan Anda. Kami juga akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menambahkan satu ke situs web bisnis Anda . Ayo mulai!

3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots

Mengapa Chatbots Dapat Menjadi Alat Layanan Pelanggan yang Berharga

Adalah adil untuk mengatakan bahwa setiap bisnis online menyediakan layanan pelanggan dalam satu atau lain jenis. Sayangnya, tidak setiap perusahaan menyediakan layanan pelanggan yang berkualitas . Kita semua menerima tanggapan yang tergesa-gesa atau tidak membantu, dan tahu betapa frustrasinya mereka.

Pendekatan semacam ini akan mencentang kotak layanan pelanggan, tetapi tidak mungkin mengesankan audiens Anda. Di sisi lain, layanan yang baik dapat meningkatkan kemungkinan bahwa pelanggan Anda akan meninggalkan ulasan positif . Mungkin yang paling penting, penelitian telah menunjukkan bahwa orang menghabiskan 20-40% lebih banyak dengan perusahaan yang sering terlibat dengan pelanggan mereka.

Namun, permintaan pelanggan sering kali semakin kompleks dan mendesak. Waktu dan sumber daya yang dibutuhkan dapat mempersulit pemenuhan persyaratan ini. Karena alasan itu, banyak bisnis sekarang beralih ke alat bantu Inteligensi Buatan (AI) untuk meminta bantuan. Terkait : Hasilkan Uang di YouTube Selain Program Mitra.

AI dapat mengambil banyak bentuk, meskipun chatbots sangat populer. Ini adalah asisten virtual yang diprogram untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Chatbots biasanya dibagi menjadi dua kategori - 'dasar' dan 'Pemrosesan Bahasa Alami (NLP)'.

Obrolan dasar hanya dapat menangani pertanyaan sederhana, merespons dengan jawaban yang sudah diprogram. NLP chatbots lebih cerdas, dan dapat memproses permintaan yang cukup kompleks. Jenis chatbot ini juga bisa 'tidak tertulis' selama komunikasi, dan memecahkan berbagai masalah yang lebih besar.

Salah satu jenis chatbot dapat membantu Anda mengotomatiskan bagian dari proses layanan pelanggan. Mereka selalu siap menangani permintaan pelanggan, dan mereka dapat diprogram untuk memiliki pengetahuan luas tentang produk Anda. Karena itu, Anda akan diperlengkapi dengan lebih baik untuk membuat pelanggan Anda senang - terlepas dari sejauh mana tuntutan mereka.

3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots

3 Cara Anda Dapat Menggunakan Chatbots untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan

Untungnya, ada banyak cara untuk memperkenalkan chatbot ke dalam strategi layanan pelanggan yang ada. Mari kita telaah tiga kasus penggunaan yang paling penting. Baca juga artikel terkait kami lainya mengenai Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship.

1. Menangani Pertanyaan Pelanggan dalam Menit
Seperti yang kami bahas sebelumnya, pelanggan mengharapkan tanggapan cepat atas pertanyaan dan komentar mereka. Faktanya, 60% pengguna mengharapkan respons dalam waktu satu jam untuk menjangkau bisnis. Plus, mereka cenderung menghabiskan lebih banyak dengan perusahaan yang berkomunikasi dengan cepat.

Penggunaan AI untuk memenuhi kebutuhan ini lebih umum dari yang Anda harapkan. Laporan baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari 90% merek menggunakan chatbots untuk menyediakan layanan pelanggan. Chatbots dapat beroperasi 24/7 tanpa perlu istirahat, artinya tidak ada permintaan dukungan yang akan diabaikan.

Plus, fakta bahwa chatbots diprogram dengan data tentang bisnis Anda memastikan bahwa mereka sudah memiliki semua informasi yang mereka perlukan untuk berurusan dengan pelanggan. Mereka tidak perlu mencari jawaban dengan cara yang sama seperti karyawan manusia - mengurangi waktu layanan dan biaya operasi.

2. Memberikan Rekomendasi Produk Yang Sangat Disesuaikan
Chatbots juga dapat digunakan untuk memandu keputusan yang dibuat pelanggan Anda - dan barang yang mereka beli. Dengan demikian, semakin banyak merek sekarang memprogram AI mereka untuk bertindak sebagai asisten toko virtual.

Dijuluki Enki, bot cerdas ini memberikan rekomendasi produk yang sangat detail melalui teknologi 'Style Match'. Pengguna menjawab pertanyaan tentang kebiasaan fashion mereka, atau mengirim gambar pakaian yang ingin mereka tiru. Ini memungkinkan Enki untuk merasakan gaya pribadi setiap pelanggan.

Chatbot kemudian akan menemukan produk yang berkorelasi dengan pilihan pengguna, dan menyajikannya (bersama dengan gambar dan tautan yang relevan). Jika pengguna merasa bahwa suatu produk telah dipilih hanya untuk mereka, mereka cenderung akan membelinya.

3. Libatkan Pengguna dengan Cara Unik
Secara tradisional, layanan pelanggan diberikan melalui telepon atau melalui email. Pendekatan ini tidak begitu populer di kalangan konsumen saat ini - banyak sekarang lebih suka alternatif yang lebih menarik. Chatbots adalah cara praktis untuk membuat pengguna tertarik pada merek Anda.

Penggunaan chatbots berarti bahwa pelanggan dapat memesan pizza hanya dengan berbagi emoji. Bot Domino kemudian menentukan lokasi setiap pesanan, dan menanyakan pertanyaan tindak lanjut yang diperlukan.

Ini adalah cara cepat dan efektif untuk memberikan layanan yang melampaui 'melampaui'. Pengalaman pengguna yang lebih mengesankan akan membuat bisnis Anda berbeda dari pesaing, dan dapat mendorong pelanggan untuk terus kembali.

Cara Membuat Chatbot Anda Sendiri
Meskipun Anda dapat memiliki chatbot yang dikembangkan dari awal, itu membutuhkan waktu dan investasi finansial yang signifikan. Namun, jika Anda mencari alternatif yang lebih nyaman, ada banyak alat yang tersedia secara online yang dapat menyelesaikan pekerjaan.
  • Digital Genius, misalnya, dapat membantu Anda mengotomatiskan dukungan pelanggan dengan mudah.
3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots
Bot cerdas solusi ini memahami pola percakapan alami, sehingga mereka dapat menghindari respons berulang. Ini berarti Anda dapat memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan, dengan menawarkan pengalaman yang terasa organik. Paket profesional untuk Digital Genius mulai dari beberapa ribu dolar per bulan, menjadikannya pilihan untuk bisnis besar dengan anggaran yang besar.
  • WhosOn, menyediakan serangkaian rencana yang lebih besar, dengan harga yang jauh lebih terjangkau.
3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots
Bahkan ada opsi untuk usaha kecil yang sepenuhnya gratis. Walaupun WhosOn chatbots tidak serumit itu, mereka dapat diprogram untuk mengenali kata-kata emotif. Ini memastikan bahwa kebutuhan individu pelanggan Anda terpenuhi, dan menawarkan Anda banyak fleksibilitas dalam bagaimana chatbot Anda menanggapi pertanyaan.

Kesimpulan

Layanan pelanggan adalah bagian penting dari setiap bisnis yang sukses , namun dapat memakan waktu. Itu sebabnya chatbots sangat berguna, karena mereka dapat memberikan dukungan bintang dengan mengklik tombol. Ini akan membuat pelanggan Anda lebih bahagia, dan menghemat waktu dan sumber daya di pihak Anda. Terkait : Infografis: 7 Jenis Bisnis Paling Populer.

Dalam posting ini, kami telah menjelajahi tiga cara Anda dapat menggunakan chatbots untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda:
  • Menangani permintaan pelanggan yang kompleks dalam hitungan menit.
  • Berikan rekomendasi produk khusus untuk meningkatkan konversi.
  • Libatkan pengguna dengan cara yang lebih unik.
Apakah Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang menggunakan chatbots? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Hadi Prayitno
Hadi Prayitno Saya Hadi Prayitno adalah blogger Indonesia yang sudah ngeblog sejak Tahun 2015. Saat ini saya masih aktif mengelola blog BERSERIAU.

Posting Komentar untuk "3 Cara Meningkatkan Layanan Pelanggan Dengan Menggunakan Chatbots"