Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship

Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship - Drop shipping adalah model bisnis e-niaga yang memungkinkan Anda menjual produk dari toko Anda tanpa menginvestasikan modal dalam inventaris, gudang, dan pemenuhan. Ketika seorang pelanggan membeli dari toko online Anda, produk malah dikirim dari vendor. Anda - pengecer - akan memenuhi pesanan dengan membiarkan vendor Anda atau gudang mereka mengetahui alamat pelanggan atau alamat pengiriman yang disukai pelanggan.

Saya telah belajar dan memahami konsep dari artikel milik alona.co.id mengenai kerugian dan keuntungan dari dropship, hingga akhirnya saya menyimpulkan beberapa point penting di dalamnya dan saya bahas tuntas pada artikel ini.

Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship
Melalui gambar ini, saya yakin Anda dapat memahami alur kerja pengiriman barang secara lebih intuitif.

Drop shipping memungkinkan Anda untuk mengurangi tagihan inventaris, kerepotan pengiriman dan masalah pemenuhan ritel. Dengan demikian, ini adalah model e-niaga yang menarik bagi banyak pengusaha online kecil dan rumahan.

Di bawah ini adalah keuntungan dan kerugian dari pengiriman dropship:


Keuntungan dari Pengiriman Dropship

Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship
Keuntungan utama dari pengiriman barang dropship adalah Anda tidak perlu membeli atau menyentuh produk apa pun. Ketika seorang pelanggan memesan kalung mutiara $ 100 dari Anda dan pemasok Anda menagih Anda $ 13, faktur dikirim ke pemasok Anda, mereka menagih Anda $ 13, dan mereka mengirimkan kalung mutiara itu kepada pelanggan Anda. Sementara itu, Anda mengumpulkan $ 100 dengan untung $ 87.

Beberapa keuntungan dari pengiriman dropship adalah:

  • Biaya awal lebih kecil
Untuk mendirikan bisnis online, sejumlah besar modal biasanya diperlukan untuk membeli inventaris produk Anda. Tapi ini bisa jadi dugaan, karena tidak ada yang mengatakan berapa banyak stok yang akan Anda jual untuk bulan atau tahun itu. Tidak punya cukup uang untuk memulai toko online Anda? Pengiriman drop menghindari masalah ini, menghilangkan risiko menghabiskan uang Anda pada stok yang tidak terjual.
  • Anda dapat menawarkan barang hampir secara instan
Biasanya, ketika pengecer ingin mulai menjual suatu produk, mereka harus menunggu sampai semua stok mereka telah dikirim untuk mulai mengiklankannya di situs web mereka. Lagi pula , apa gunanya menawarkan barang untuk dijual ketika Anda tidak bisa menjualnya? Menggunakan pengiriman turun berarti bahwa ketika Anda memutuskan menginginkan suatu produk di situs Anda, Anda dapat segera mulai beriklan.
  • Anda dapat menawarkan beragam produk
Memiliki kemampuan untuk menawarkan rangkaian produk yang lebih luas selalu merupakan sesuatu yang dapat dicita-citakan oleh perusahaan dan dengan pengiriman drop itu mungkin. Anda tidak perlu khawatir tentang berbagai warna atau ukuran dan di mana mereka semua akan disimpan, Anda cukup daftar mereka di situs Anda dan pemasok Anda dapat menangani sisanya.
  • Menguji produk baru tanpa risiko
Saat menambahkan produk baru ke rentang Anda, risiko tidak menjual selalu di latar belakang. Harus menebak apa yang pelanggan Anda ingin beli itu rumit untuk bisnis apa pun, sehingga bisa menguji air tanpa membuat investasi sejati selalu merupakan keuntungan. Jika Anda ingin memulai dengan toko online dan menguji produk baru, Anda dapat mencari pasar dropshipping seperti AliExpress atau Dropship Direct .
  • Penghematan waktu adalah kuncinya
Mengatur stok dan menyiapkannya untuk pengiriman sering kali bisa menjadi mimpi buruk yang menghabiskan waktu. Menggunakan pihak ketiga untuk mengirim barang menghemat penanganan, pemberian label, pengepakan, pengiriman dan sebagainya. Ini memberi Anda waktu untuk fokus mengembangkan bisnis Anda di berbagai bidang.

Beberapa keuntungan lainya dari pengiriman dropship adalah:
  1. Sangat mudah untuk memulai
  2. Tidak perlu mengelola, menyimpan, dan mengatur inventaris.
  3. Perluasan bermacam-macam
  4. Mudah untuk Naik / Turun
  5. Memungkinkan Anda berfungsi dengan anggaran operasional yang sangat rendah
  6. Memungkinkan Anda memiliki arus kas yang sehat, karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang sampai Anda mulai melihat uang kembali
  7. Anda tidak perlu memiliki situs web karena Anda dapat menjual di pasar dengan lalu lintas tinggi seperti Amazon.com, eBay.com atau pasar online lainnya.
  8. Sementara margin rata-rata mungkin lebih rendah dibandingkan dengan toko-toko ritel lain yang menyimpan persediaan mereka sendiri, tidak ada risiko "pembelian buruk" yang menyebabkan masalah kelebihan stok.


Kerugian dari Pengiriman Dropship

Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship
Kerugian utama dari pengiriman dropship beberapa di antaranya adalah pengaturan pengiriman, inventaris dan lokasi stok, dan menemukan cara yang paling hemat biaya dan paling tidak memakan waktu untuk mengatur produk. 

Meskipun banyak perusahaan menggunakan pengiriman dropship untuk situs web e-commerce mereka, ada banyak kerugian pengiriman dropship yang harus Anda ketahui. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang risiko pengiriman dropship.

Berikut adalah kerugian lain dari pengiriman barang dropship:

  • Memproses pesanan Anda bisa menjadi sulit
Banyak perusahaan yang menggunakan pengiriman drop sebagai strategi penjualan bekerja dengan banyak grosir, masing-masing akan datang dengan persyaratan berbeda untuk pemrosesan pesanan, penagihan dan pengiriman. Ini dapat membuat segalanya menjadi sangat rumit. Waktu antara menjual suatu produk dan kemudian mengirimkannya juga dapat memakan waktu lebih lama, karena bagian ini di luar kendali Anda dan Anda bergantung pada pemasok untuk memproses pesanan dengan cepat.
  • Tidak memiliki semua informasi produk bermasalah
Karena Anda tidak pernah benar-benar menangani produk yang Anda jual, Anda tidak tahu seperti apa mereka sebenarnya. Mengingat pabrikan tidak memberikan deskripsi produk yang cukup dengan level yang memadai, Anda tidak dapat menjawab pertanyaan pelanggan umum tentang dimensi produk, berat, kemudahan penggunaan, dan sebagainya, tanpa terus-menerus meneruskan pertanyaan mereka kepada pemasok. 

Kurangnya informasi dan pengalaman nyata dari produk dapat berarti Anda dapat memberikan konten yang kurang bermanfaat dan unik di situs web yang juga akan membahayakan SEO Anda. Jika Anda tidak memilih pemasok dengan benar, Anda mungkin menemukan bahwa produk yang Anda beli sudah habis. 

Ini biasanya dapat terjadi jika Anda menggunakan Drop Shipping di Ebay dan itu sangat menyebalkan bagi pelanggan yang mendapat kesan bahwa mereka telah membeli produk untuk mengetahui bahwa sebenarnya mereka tidak. Untuk menghilangkan masalah ini, sistem otomatis yang memperbarui ketersediaan stok secara teratur sepanjang hari lebih disukai. Anda juga dapat meminta email atau panggilan telepon dari pemasok jika stok habis.
  • Masalah layanan pelanggan
Pengiriman drop menghilangkan tanggung jawab pengiriman tetapi juga menghilangkan sebagian besar pengalaman pelanggan dari kendali Anda. Tidak ada cara untuk memastikan bahwa suatu produk telah tiba tepat waktu atau seperti yang dijelaskan. 

Ketika seorang pelanggan menelepon untuk mengeluh atau bertanya, proses penyelesaiannya melambat karena Anda sering tidak memiliki informasi yang diperlukan dan permintaan atau keluhan harus melalui pemasok pihak ketiga sebelum dapat diselesaikan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagaimana mengoptimalkan dukungan pelanggan e-commerce Anda.
  • Sejumlah besar kompetisi ada di mana-mana
Menemukan produk-produk drop shipping yang hebat sering kali berarti Anda akan menghadapi persaingan dari sesama pengecer di sektor Anda. Margin produk pengiriman drop bisa sangat rendah karena banyak produsen mengenakan biaya untuk layanan pemenuhan sehingga Anda memiliki sedikit ruang untuk manuver harga Anda untuk mengalahkan pesaing Anda.

Seperti yang Anda lihat dari manfaat dan masalah potensial, memilih pengiriman drop adalah pilihan yang tidak boleh dipilih tanpa pertimbangan utama. Masalah-masalah yang muncul seringkali dapat diselesaikan hanya dengan perencanaan dan implementasi kontak yang cermat antara penjual dan pemasok. Dengan pemikiran yang cukup, kerugiannya bisa dihindari.

Berikut adalah kelemahan lain dari pengiriman barang dropship:
  1. Tidak mudah menemukan pengirim barang yang baik dan andal yang tidak melayani ribuan pedagang lainnya.
  2. Anda tidak mengendalikan apa pun kecuali harga dan produk yang Anda "tawarkan".
  3. Potensi masalah kontrol kualitas
  4. Risiko dalam menawarkan dan menjual produk yang tidak lagi tersedia dari pemasok pengirim dropship mengakibatkan masalah layanan pelanggan potensial
  5. Mengurangi margin, atau margin keuntungan rendah terutama jika Anda menemukan diri Anda bersaing dengan pedagang online lain yang telah menetapkan harga toko mereka dengan harga terendah. Dengan pesaing yang hanya menghasilkan sedikit keuntungan, jika Anda mencoba mencocokkannya atau bersaing secara langsung dengan harga rendah mereka, Anda mungkin mendapati bahwa keuntungan Anda hanya berupa uang.
  6. Pasar penuh sesak, dengan dropshipper memasok produk yang sama seperti Anda harus ribuan penjual kapal dropship seperti Anda
  7. Anda mungkin menemukan diri Anda dalam ceruk pengiriman dropship yang sangat kompetitif.
  8. Tidak menjamin keuntungan
  9. Toko Anda hanya sebagus platform e-niaga Anda
  10. Membutuhkan keterampilan dasar (setidaknya) untuk mengelola toko online, termasuk beberapa pengetahuan teknis seperti mengunggah produk ke keranjang belanja, memotong foto, menulis deskripsi produk yang unik
  11. Semakin banyak pemasok pengiriman dropship yang Anda gunakan, semakin banyak pekerjaan yang Anda buat sendiri
  12. Biaya pengiriman dibebankan oleh pengirim dropship, yang dapat bervariasi di berbagai pengirim dropship.
  13. Membayar biaya pengiriman ke pengirim barang saat Anda ditekan untuk menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan Anda
  14. Drop shipper dapat melakukan kesalahan, karena itu bukan jaminan bahwa mereka memenuhi 100% pesanan mereka 100% dengan benar.
  15. Jika menjual di pasar besar seperti Amazon (bersama ribuan pedagang lainnya menggunakan pengirim barang yang sama), perbandingan harga itu mudah dan Anda akhirnya bisa mendiskon dan mendiskon hanya untuk mengalahkan orang lain.
Pengiriman dropship bukan jalur otomatis menuju sukses. Padahal, itu kerja keras. Ini bukan hanya pengaturan sistem yang berjalan sendiri, pesanan masuk, pabrikan mengirimkan dan Anda mengantongi perbedaannya. Karena Anda mungkin hanya salah satu pedagang yang bekerja dengan pengirim dropship yang sama dan bergegas untuk dolar yang sama, Anda perlu melakukan segala upaya untuk membedakan bisnis Anda dari yang lain.

Itulah penjelasan mengenai Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship yang telah saya rangkum dengan baik. Jadi Bagaimana menurut Anda? Apakah ingin berjualan online dengan model dropship? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya.
Hadi Prayitno
Hadi Prayitno Saya Hadi Prayitno adalah blogger Indonesia yang sudah ngeblog sejak Tahun 2015. Saat ini saya masih aktif mengelola blog BERSERIAU.

Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kerugian dari Pengiriman Dropship"